Batam merupakan wilayah kepulauan yang mana sebagian besar penduduk yang mendiami pulau ini adalah masyarakat pendatang yang mencoba untuk mengadu nasib di wilayah yang cukup banyak industri berdiri dan berkembang. Hal ini membuat sebagian dari warga pasundan dari provinsi Jawa Barat, mengambil kesempatan untuk bekerja maupun mendirikan badan usaha di wilayah kepulauan ini. Dalam menyikapi situasi dan kondisi dan semakin bertambahnya warga Pasundan yang mencoba merantau ke pulau Batam, maka para generasi muda yang baru ataupun telah lama merantau, mencoba untuk membentuk suatu perkumpulan (forum) dalam mendukung tim sepakbola daerah asal mereka yakni Jawa Barat yaitu PERSIB Bandung, sehingga tetap bisa memberikan semangat dan dukungannya meskipun dari jarak jauh. Karena kami mempunyai Prinsip Tak ada satupun atau hal apapun yang dapat memutuskan dukungan kami terhadap PERSIB Bandung.

Sebagai wadah yang merupakan kumpulan Pendukung PERSIB bandung ini, kami merasa bertanggung jawab untuk membina dan memfasilitasi para anggota Viking distrik Batam. Hal ini sebagai salah bentuk pengabdian kami selaku bagian dari warga Jawa Barat yang baik untuk saling memperkuat persaudaraan dan memberikan semangat kepada saudara kita yang untuk selalu berfikiran positif bahwa kita sebagai warga Jawa Barat tidak sendirian di pulau perantauan ini.

Karena tidak sedikit para sesepuh kita asal pasundan di Batam ini yang telah sukses dalam berbagai bidang, yang dapat kita rangkul dengan adanya VIKING Distrik Batam ini. Karena kami yakin beliau beliau ini akan mendukung setiap langkah kami baik moril maupun materil dalam mendukung kemajuan setiap anggota VIKING Distrik Batam yang semuanya mayoritas warga tanah Pasundan. Disamping itu kami akan bertanggung jawab penuh dan akan membawa nama VIKING di batam ini menjadi lebih baik, Lebih Kreatif, Lebih Total, Loyal dalam mendukung PERSIB Bandung.

Adapun maksud dan tujuan dengan didirikannya Viking Batam ini adalah :
– Agar dukungan terhadap PERSIB Bandung baik moril maupun materil bisa lebih baik, bisa difasilitasi, meskipun keberadaan kami yang jauh dari Bandung, tapi Tetap semangat Total, Loyal, Millitan akan tetap ada untuk PERSIB Bandung.
– Sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi sesama warga Pasundan yang berada di Pulau Batam.
– Sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, mengembangkan minat dan bakat para anggota Viking dalam bentuk kegiatan apapun ( Positif ).

Sejarah Viking Distrik Batam

Berawal dari kumpul biasa para pemuda asli daerah Jawa Barat yg merantau di Pulau Batam untuk bekerja yang juga sama-sama penggemar tim sepak bola asal Bandung, Jawa barat, PERSIB, maka tercetuslah ide untuk membentuk Viking Distrik Batam sebagai wadah silaturahmi dan berbagai informasi mengenai PERSIB. Seiring berjalan waktu, satu persatu anggota yg didominasi oleh orang Sunda yg bekerja di Kota Batam mulai gabung dan kumpul bareng, sehingga pada tanggal 14 Februari 2010 dideklarasikan terbentuklah Viking Batam di Perum Puri Agung 2A Blok F No. 26 Tanjung Piayu-Muka Kuning, Batam. Dihadiri oleh 48 anggota.

Setelah terbentuknya Viking Batam, kegiatan rutin “barudak” adalah nobar (nonton bareng bila ada pertandingan PERSIB) yang sebelumnya dimulai dengan konvoi dari Stadion Temenggung Abdul Jamal, selain itu kegiatan sosial pun aktif dilaksanakan seperti pemberian sumbangan kepada korban kebakaran kampung Seraya, di kota Batam 2010 silam. Selain itu donor darah, ucapan bela sungkawa untuk alm. Rangga (bobotoh korban Tragedi GBK) dan kegiatan sosial lainnya rutin dilaksanakan, agenda rutin lainnya selain nobar adalah ghatering, buka puasa bersama saat Ramadhan, futsal dan Funday.

Setelah berjalan 3 bulan, terbesitlah ide dari pengurus untuk mendapat pengakuan/legalitas langsung dari Viking Pusat dengan mengadakan agenda “Peresmian Viking Batam” yang akan dilangsungkan bersamaan dengan Friendly Match, PERSIB All Star VS PS Batam, sekaligus mengundang Pak Heru Joko selaku Ketua Umum VIKING PERSIB CLUB untuk datang langsung meresmikan. Alhamdulillah berkat kerja keras pengurus dan anggota serta beberapa sumbangan dari pihak donator, maka pada tanggal 31 July 2010 diresmikanlah VIKING DISTRIK BATAM di Stadion Temenggung Abdul Jamal, muka Kuning, Batam langsung oleh Pak Heru Joko (Ketum Viking Pusat) di sela-sela pertandingan Persib All Star VS PS Batam. Pada pertandingan tersebut tim PERSIB ALL Star yang dihuni oleh pemain legenda PERSIB seperti Adjat Sudrajat, Encas Tonif, Roy Darwis dan Sujana takluk dengan skor 2-1 dari tim tuan rumah.

Setelah diresmikannya Viking Distrik Batam oleh Viking Pusat, animo masyarakat Sunda di Batam kian menggeliat dengan berbondong mendaftarkan diri menjadi Anggota. Tercatat pada hari H diresmikannya Viking Distrik Batam di Stadion Temenggung Abdul jamal, yg mendaftar hingga 125 orang, dan itu terdiri dari berbagai kalangan dan usia, serta dari berbagai etnis, tidak hanya orang jawa barat saja, ini membuktikan bahwa PERSIB adalah Tim Besar yg dikagumi banyak orang dari berbagai etnis.

Selang setahun kemudian, tepatnya tanggal 24 Juli 2011, PERSIB berkunjung ke Batam atas undangan tim dari Kota Batam PS PALMA dan Viking Batam untuk Exchibition Match dengan PS PALMA. Skuad yg hadir diantaranya, Siswanto, Airlangga, Rahmat Affandi, Gilang Angga Kusuma, M. Agung. Turut hadir untuk kedua kalinya Pak Heru Joko (Ketum Viking Pusat) untuk meresmikan Oroginal Fanshop Viking Distrik Batam yg menjual aksesoris dan merchandise PERSIB/VIKING. Pada pertandingan yg digelar di Stadion Temenggung Abdul Jamal tersebut PERSIB menang telak 4-0 atas tim tuan rumah. (foto dokumentasinya bisa dilihat di halaman Facebook atas nama YOHAN BOBOTOH PERSIB, email : persib_ordie@yahoo.com)

Agenda rutin lainnya adalah, Tour Sumatera, Viking Batam yg tak pernah absen apabila PERSIB bertandang dengan tim dari Sumatera seperti PSPS Pekanbaru, PSMS Medan, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Hubungan baik dibina dengan Asykar The King (supporter PSPS Pekanbaru) dan Smeck Hooligan (supporter PSMS Medan) sehingga apabila bertandang ke pekanbaru dan medan, Viking Batam selalu disambut dan dijamu dengan baik. Adapun jumlah anggota Viking Batam yang tercatat dalam data base keanggotaan adala 600 anggota. Baik yg berdomisili di Batam atau di daerah sekitarnya seperti, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun hingga Pekanbaru.

Dalam kegiatan pun Viking Distrik Batam selalu mendapat support dari “inohong” yang berada di kota Batam atau dari sesepuh Paguyuban Warga Pasundan (PWP) kota Batam juga pemerintah dan pejabat daerah. Viking Batam juga turut serta dalam menciptakan suasana kondusif, aman dan nyaman bagi para warga kota Batam pada khususnya dan wisatawan pada umumnya. Sebagai distrik Viking terluar dan berada di daerah perbatasan (berbatasan langsung dengan Singapore dan Malaysia), Viking Distrik Batam menjadi pionir dalam organisasi yg mewadahi para BOBOTOH di Regional Sumatera dan Kepulaun Riau.

Susunan Pengurus Viking Batam
Pelindung : VIKING PERSIB CLUB PUSAT

Pembina : Nopianto
Gunawan Triyadi
Ryan Hardiansyah
Penasehat : Joko Subagyo

Ketua Viking Batam : Yohan Hadi Setiawan
Panglima Viking Batam : Deni Saparudin
Sekretaris : Andri Saepuloh
Bendahara : Retno
Humas /infokom : Wawan Deswantoro
Divisi Rohani/Keagamaan : Jefri, Ustad Nanang
Divisi Event : Iduy Netral
Divisi Olahraga : Ronald
Divisi Kewirausahaan : Kris Susilo
Divisi Propaganda : Gagan

About gitagian

i me mind.. ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s