Email
Cetak

Mats Hummels Si Beckenbauer Baru
TEMPO.COTEMPO.CO – 4 jam yang lalu

TEMPO.CO , Jakarta:- Jerman menjadi satu-satunya tim yang terus meraup kemenangan pada Piala Eropa 2012 ini. Mesut Oezil, Thomas Mueller, Mario Gomez, atau Sami Khedira dinilai menjadi kunci di balik kesuksesan tersebut. Namun ada satu nama baru yang belakangan mencuat, menjelma menjadi “Franz Beckenbaur” baru di lini pertahanan tim Panser: Mats Hummels.

Mantan pemain terbaik dunia sekelas Zinedine Zidane pun memberikan kredit lebih kepadanya. Menurut Zizou, bukan Oezil, Khedira, atau Mueller yang membuat Jerman terus konsisten. “Bagi saya, dia (Hummels) satu-satunya pemain yang membuat perbedaan,” kata Zidane.

Mantan bek Jerman yang membawa Panser menjadi juara dunia pada 1990, Olaf Thon, bahkan menyebut permainan Hummels mirip Beckenbauer. »Para bek Jerman sekarang tidak hanya jago duel, tapi juga mengintimidasi dengan teknik berkualitas,” katanya.

Dua gelar Bundesliga dan trofi Piala Jerman bagi Borussia Dortmund itu merupakan bukti kualitas dan konsistensi dari bek berusia 23 tahun itu. Hummels tak hanya jago melakukan tackle, ia dikenal memiliki antisipasi yang bagus dan positioning yang tepat.

Dengan posturnya, duel satu lawan satu menjadi senjata Hummels. Striker kelas dunia macam Robin Van Persie atau Cristiano Ronaldo pun seakan tidak mempunyai ruang menguasai bola dalam waktu lama saat masuk ke teritori Hummels.

Kecepatan Hummels juga menuai pujian. Ia mampu memotong alur serangan balik lawan yang cepat dan kembali merebut penguasaan bola. Selain kualitas bertahan yang mumpuni, pemain bernomor punggung 5 ini sering kali naik membantu serangan.

Kemampuan Hummels sekali lagi akan diuji saat Jerman menghadapi Italia di babak semifinal Jumat dinihari nanti. Bagi dia, Italia adalah tim yang setara dengan Jerman. Walaupun banyak pihak lebih mengunggulkan Jerman ketimbang Azzuri, pemain yang sudah 18 kali membela Panser ini mengakui Italia akan menyulitkan Jerman.

»Mereka memiliki keseimbangan antara bertahan dan menyerang,” katanya. »Lini tengah mereka pun luar biasa. Mereka memiliki (Ricardo) Montolivo, (Andrea) Pirlo, dan (Daniele) De Rossi. Pemain ini berteknik bagus dan sering membantu pertahanan.”

Toh, bek masa depan Jerman ini tak gentar menghadapi laga ini. Ia yakin Jerman memiliki strategi khusus untuk meredam kualitas dan mental juara Azzuri. “Kami harus bermain secerdas mungkin. Kami harus menekan kreativitas pemain tengah Italia dan tidak memberi ruang sedikit pun,” katanya.

Dalam laga ini, Hummels ditantang untuk membuktikan diri bahwa dia pantas disebut sebagai penerus Beckenbauer. Sebuah tiket ke final, lalu sebuah trofi, akan menjadi jawaban sempurna darinya, sekaligus menjadi pengobat dahaga publik Jerman yang empat tahun lalu gagal di partai puncak.

| DAILY MAIL | UEFA | GOAL | ANANDA W. TERESIA

Biodata

Nama: Mats Julian Hummels

Lahir: Jerman Barat, 16 Desember 1988

Tinggi: 1,91 meter

Posisi: Bek tengah

Klub:

Borussia Dortmund (2008-sekarang): 119 laga, 12 gol

Tim nasional:

Jerman (2010-sekarang): 18 laga, 1 gol

About gitagian

i me mind.. ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s