LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
TAHUN 2012
PADA DINSOSNAKERTRANS

Majalengka, 28 Juli 2012
Pembimbing Sekolah Pembimbing Dinsosnakertrans

Tya Listiawati, S.Pd Iis Siti Aisyah S.Sos
NIP/NUPTK NIP 19630525 198603 2009

Mengetahui,

Kepala SMK N 1 Panyingkiran Kepala Dinsosnakertrans

Drs. SATORI, MM Drs. EMAN SUHERMAN, MM
NIP. 131672896 NIP. 19690315 199403 1 011

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Alloh SWT, karna dengan ridha-Nya
Kami dapat menyelesaikan laporan ini. Seiring dilaksanakanya pendidikan sistim ganda kami melaksanakan Praktek Kerja Industri, sehingga kami dpt menyelesaikan laporan ini. Ucapan Terima Kasih kami ucapkan Kpada :
1. Alloh SWT
Karna Ridha-Nya lah kami bisa melaksanakan kegiatan praktek kerja industry ini dengan lancar.
2. Drs. Satori, MM
Selaku Kepala sekolah SMKN 1 PANYINGKIRAN, selaku tempat kami belajar , karna atas kehendaknya pula kami bias menjalankan Praktek Kerja Industri ini.
3. Iis Siti Aisyah S.Sos
Selaku Kasubag umum dan selaku pembimbing kami di DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI ini. Karna-nya pula kami bisa diterima dengan baik di tempat prakerin ini.
4. Drs. EMAN SUHERMAN, MM
Selaku Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi yang telah menerima kami dan berkenan memberikan kami tempat untuk prektek kerja industri.
5. Tya Listiawati, S.Pd
Selaku pembimbing kami, yang telah setia membimbing kami dna memberikan kami pengarahan.
Kepada : A Fadil, Teh Ajeng, Teh Dena, Pa Muhlis, Pa Wahyu, Bu Lisa, Pa Drs. Asikin, Pa otong, Bu Cicih, Bu Tuti.
Dan kepada semuanya yang telah mendukung kelancaran acara Praktek Kerja Industri ini, kami tidak bias menyebutkan satu per satu..

Panyingkiran, 28 Juli 2012
Tiem Penyusun

DAFTAR ISI

!. LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………… 1
2. KATA PENGANTAR …………………………………………………… 2
3. DAFTAR ISI ………………………………….…………………………… 3
4. BAB I . PENDAHULUAN …………………………………………. 4-6
A. LATAR BELAKANG ………………………………………………………….
B. LANDASAN HUKUM ………………………………………………………….
C. TUJUAN SMK ……………………………………………………..
5. BAB II. DATA DINSOSNAKERTRANS ………………………………… 7-9
A. IDENTITAS ……………………………………………………
B. STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN TUGAS ……..
C. SEJARAH ………………………………………………………
6. BAB III. LAPORAN KEGIATAN BERKALA ………………………………….. 10

7. BAB IV. PENUTUP ………………………………………………………………………… 11
A. KESIMPULAN ……………………………………………………………………
B. SARAN ………………………………………………………………………………..
8.LAMPIRAN …………………………………………………………………………… 12-
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………

BAB I
PENDAHULUAN

5. LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan, karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan, perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua angkatan perlu terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan.
Pemikiran ini mengandung konsekuensi bahwa penyempurnaan atau perbaikan pendidikan menengah kejuruan untuk mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan perlu terus menerus dilakukan, diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/industri dan instansi, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan dimasa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang di hadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik.
Konsep pendidikan terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan dimasyarakat dan dunia kerja karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk mengatasi problema yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.saat ini maupun masa yang akan datang.
Kurikulum SMK Edisi 2004 lebih meningkatkan kualitas lulusan sekolah menengah kejuruan, dengan kurikulum ini diharapkan jajaran pendidikan menengah kejuruan lebih mampu mengembangkan potensi anak didik sehingga saat bekerja, terbentuk pribadi yang mandiri, mampu memanfaatkan diri sebagai masyarakat dan warga negara, sebagai bagian dari lingkungan dan sebagai hamba tuhan yang maha esa. Kurikulum di rumuskan dalam upaya untuk memenuhi tuntutan perubahan orientasi pendidikan.
Dengan demikian tujuan pendidikan menengah kejuruan agar dapat mengantarkan anak didik menjadi manusia yang bertawa terhadap tuhan yang maha esa, juga dapat mengikuti perubahan di dunia usaha, dunia industri, dan instansi. Agar kelak dapat hidup dimasyarakat bisa berkembang sesuai dengan tuntutan jaman yang selalu berubah.
Dengan perubahan ini adalah sebagai salah satu model pendidikan menengah kejuruan untuk dapat menyesuaikan diri disamping ilmu yang di dapat disekolah juga dapat langsung mempraktekan pendidikan yang didapatnya untuk dikembangkan di dunia kerja.

6. LANDASAN HUKUM

Peraturan perundang-undangan yang mendasari dan menjadi acuan dalam pelaksanaan prakerin adalah :
 UUD 1945 ;
 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 323/U/1997 tentang penyelenggaraan Pendididkan Sistem Ganda pada sekolah menengah kejuruan;
 Ketentuan-Ketentuan lain (yang akan disusun) berkaitan dengan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada umumnya dan pendidikan Menengah Kejuruan Pada Khususnya.
Beberapa peraturan yang perlu di antisipasi berlakunya karena digunakan sebagai dasar perkembangan dan pelaksanaan kurikulum SMK adalah peraturan yang akan menggantikan peraturan dan SK/Kepmen di bawah ini :
 Peraturan pemerinth Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan Menengah.
 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 080/U/1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan.
 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 323/U/1997 tentang Penyelenggaran Pendidikan Sistem Ganda pada sekolah menengah Kejuruan.
 Ketentuan-Ketentuan lainnya yang berkaitan dengan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada Umumnya dan Pendidikan Menengah Kejuruan pada khususnya.

7. TUJUAN SMK

Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagai mana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU SISDIKNAS, merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah sebagai berikut.
Tujuan umum:
1) Meningkatkan keimanan dan ketawaan peserta didik kepada tuhan yang maha esa;
2) Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab;
3) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
4) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.
Tujuan khusus:
1) Menyiapkan peserta didik agar manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;
2) Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
3) Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengebangkan diri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
4) Membekali pesera didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesusai dengan program keahlian yang dipilih.

BAB II
DATA DINAS SOSIAL
TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
A. IDENTITAS
1. Nama Dinas/Kantor : DINSOSNAKERTRANS
2. Alamat : Jl. K.H Abdul Halim No. 498, Majalengka
3. No Tlp / Fax : (0233) 281122
4. Nama Pembimbing : 1 MUHLIS
2 Iis Siti Aisyah S.Sos
3 Wahyu Sudianto S.Ip
4 Muhammad Fadillah S.Ip

B. STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN TUGAS

C. SEJARAH
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka merupakan penggabungan dari 2 (dua) unit kerja yang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Bidang Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 5 Tahun 2008 tentang Bentuk dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka, dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan susunan organisasi Dinas yaitu Kepala Dinas, Bidang Sosial, Bidang Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja, Bidang Hubungan Industrial Syarat Kerja dan Pengawasan dan Bidang Transmigrasi.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 10 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat Daerah, dilakukan penataan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Majalengka, susunan organisasi di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka yang merupakan salah satu satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Majalengka sesuai Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2009 terdiri 1 Sekretariat dan 4 Bidang, Keempat Bidang tersebut adalah Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Bidang Pengembangan dan Rehabilitasi Sosial, Bidang Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Pengawasan Ketenaga kerjaan dan Bidang Produktivitas, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi merupakan unsur pelaksana pemerintah Kabupaten mempunyai tugas melaksanakan urusan sosial, ketenagakerjaan dan ketransmigrasian, berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan di bidang sosial, ketenagakerjaan dan transmigrasi.

BAB III
LAPORAN KEGIATAN BERKALA

MINGGU KE HARI/TANGGAL KEGIATAN
SATU - Senin, 18 Juni 2012 - Entri Data
- Rekapitulasi Data
- Print out data
DUA - Selasa, 26 Juni 2012 - Apel Pagi
- Entri Data
- Upload Data
- Membubuhkan Stempel
- Membuat Kartu Kuning
- Melegalisir Kartu Kuning
- Arsip Data
TIGA - Rabu, 4 Juli 2012 - Apel Pagi
- Entri Data
- Upload Data
- Membubuhkan Stempel
- Membuat Kartu Kuning
- Melegalisir Kartu Kuning
- Arsip Data
EMPAT - Kamis, 12 Juli 2012 - Apel Pagi
- Memproses surat masuk
- Mengagenda Surat
- Menggunakan alat kantor ( fax )
- Menggunakan alat kantor ( telephone )
LIMA - Jum’at, 20 Juli 2012 - Apel pagi
- Opsih
- Entri data
- Print out data
- Memproses surat masuk
- Memproses surat keluar
ENAM - Senin, 23 Juli 2012 - Apel pagi
- Entri data
- Print out data
- Menggunakan alat kantor ( Komputer )

BAB IV
PENUTUP
Alhamdulillah saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena Laporan Hasil Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah selesai, karena nanti saat kelas 2 (dua) saya tak perlu memikirkan laporan ini dan dapat fokus pada pelajaran dan praktek-praktek khusus kelas tiga, dan mudah-mudahan setelah laporan ini di perbaiki terus-menerus dapat di sahkan tanpa ada lagi kesalahan yang fatal.
Saya pribadi dan tim mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang turut membantu saya dalam menyelesaikan tugas laporan ini.
Karena saya masih dalam proses belajar saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya buat di dalam ataupun diluar laporan ini, bila ada saran atau kritik untuk kemajuan saya Insya Allah akan saya terima dengan lapang dada.

A. KESIMPULAN
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan sesungguhnya.
Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek Langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh fihak industri/intansi, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek pakerjaan, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari
DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI.
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah
menyelesaikan Praktek kerja Industri , yang dituangkan ke dalam Laporan ini selanjutnya
kami siap untuk diuji melalui Kulminasi/Presentasi.
ALHAMDULLILAH HIROBBIL ALAMIN.. ^_^

B. SARAN

LAMPIRAN

Laporan Kegiatan Berkala
Daftar Hadir Siswa
Agenda Monitoring
Catatan Siswa dari Pembimbing
Daftar Nilai Peserta Prakerin

Tentang gitagian

i me mind.. ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s